Nusa One -

Cari Solusi Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Rakor

Cari Solusi Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Rakor
  

NusaOne.com | Aceh Selatan – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menggelar rapat koordinasi untuk membahas strategi percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Aceh Selatan di Aula Bappeda Tapaktuan, Senin (01/08).

Kegiatan yang menghadirkan nara sumber Kepala Unit Operasional Program Penanggulangan Kemiskinan Aceh (PPKA) Dr. Hasrati, SE, MM, di ikuti tim koordinasi, kelompok program penanggulangan kemiskinan Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022.

Dengan bertema “Percepatan penanggulangan kemiskinan Aceh” ini dibuka Asisten III Bidang Administrasi Setdakab Aceh Selatan H. Halimuddin, SH, MH. mewakili Bupati Aceh Selatan.

Dr. Hasrati, menyampaikan beberapa strategi penting yang harus dilakukan pemerintah, diantaranya adalah strategi utama percepatan penurunan kemiskinan Aceh yakni dengan mengurangi beban penduduk miskin.

” Adapun untuk strategi khusus percepatan penurunan kemiskinan di Aceh adalah dengan strategi khusus enam tepat yakni, tepat fokus, tepat lokus, tepat modus, tepat sasaran, dan, tepat waktu, ” katanya

Persoalan kemiskinan di Aceh hampir sama dengan yang dihadapi secara nasional, demikian juga dengan kabupaten atau kota, akan tetapi secara kultural adanya perbedaan antara satu sama lainnya, jelas Kepala Unit Program PPKA.

Kepala Bappeda Aceh Selatan, Masrizal, M. Si saat ditemui Selasa (02/08) mengatakan, pemerintah kabupaten Aceh Selatan berkomitmen untuk melakukan penanggulangan kemiskinan di Aceh Selatan melalui kebijakan, strategi dan rencana aksi percepatan penanggulangan kemiskinan.

” Khusus bagi Aceh Selatan, kemiskinan tidak terlalu merisaukan bila dilihat dari persentase angka kemiskinan yang hanya 13 persen, Aceh Selatan bukan menjadi penyumbang angka kemiskinan ekstrim di Aceh, bila dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya di Aceh, ” kata Masrizal.

Namun demikian, kemiskinan yang masih ada di Aceh Selatan juga menjadi beban bagi pembangunan daerah, sehingga perlu dicarikan langkah yang tepat untuk menanganinya.

Dalam rapat kordinasi Tim yang telah terbentuk ini benar-benar menjadi tim worknya Aceh Selatan mencari dan menemukan formula yang tepat, efektif dan efisien dalam menangani kemiskinan di daerah ini, harap Ketua Bapeda Aceh Selatan.

” Penanggulangan kemiskinan dapat diatasi melalui penguatan sektor dan komoditi di Aceh Selatan antara lain padi, pertanian, perikanan, industri pengolahan, perdagangan dan perawatan kendaraan, ” pungkas Masrizal.(Zasrial)

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Tinggalkan Komentar