Nusa One -

Meriahkan HUT RI, Distanbun Aceh Kenalkan Pangan Lokal Pliek U

Meriahkan HUT RI, Distanbun Aceh Kenalkan Pangan Lokal Pliek U
  

NusaOne.com|Banda Aceh — Salah satu makanan favorit masyarakan Aceh, Kuah Pliek U perlu dilestarikan dalam baerbagai kesempatan, yang digelar Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh untuk memeriahkan HUT RI.

“Lomba Masak Kuah Pliek ‘U dan Kreasi Bu Kulah Lingkup Distanbun Aceh antar Bidang dan UPTD mengusung tema : Kita Lestarikan Kebudayaan Aceh di Bidang Kuliner,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh, Ir Cut Huzaimah, MP saat acara lomba masak Kuah Pliek U menyambut hari Kemerdekaan RI akhir bulan lalu.

Menurutnya, selain disantap bersama keluarga, kebiasaan masyarakat Aceh saat ada acara tertentu kuah pliek ini sering disajikan sebagai menu andalan. 

Aceh, sambung Cut, dikenal sebagai daerah yang kaya akan potensi pertanian dan perkebunan sudah sepatutnya masyarakat di Aceh memiliki pemahaman dan kesadaran dalam mengelola setiap potensi tersebut dengan pemahaman dan kesadaran dalam mengolah setiap potensi tersebut dengan baik.

Ketua Dharma Wanita Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, drh. Fitria Fatwa,  mengatakan, ada beberapa kriteria penilaian yang digunakan untuk memilih pemenang. Meskipun cita rasa menjadi penilaian utama, pemilihan komponen bahan masakan juga menjadi penting.

“Penilaian dilakukan dalam membentuk Bu Kulah (nasi bungkus daun) kemudian juga lauk pauk yang khas tradisional Aceh lainnya,” terangnya. 

Diharapkan dengan adanya lomba ini para peserta bisa menyajikan cita rasa yang terbaik, para peserta bisa menata hasil masakan yang dipadukan dengan Bu Kulah atau nasi yang dibungkus dengan daun pisang yang telah diasapi. “Melalui kegiatan ini diharapkan para pegawai Distanbun Aceh turut menjaga hasanah kuliner Aceh di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Sementars dalam arahannya Sekda Aceh Safrida Yuliani, SE.Ak,M.Si menyebutkan kegiatan lomba masak Kuah Pliek U dan Bu Kulah antar Bidang dan UPTD Lingkup Distanbun Aceh selain sebagai ajang silaturrahmi juga merupakan hal baru dan seru semoga menjadi kalender tetap di lingkup SKPA Distanbun dan SKPA lainnya. 

“Pasalnya, para dewan juri terdiri Ketua Ibu Sekda Aceh, Kadistanbun Aceh dan 2 Dosen USK. Menariknya lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 diwajibkan para Eselon 3 ikut serta sebagai Chef dengan costum keren. Biar pun acaranya hiburan tapi juara nya seperti lomba level nasional saja,” pungkas salah seorang ess 3 sebagai peserta.

Adapun para pemenang dari lomba, Juara I Bidang PSP, Juara II Sekretariat dan Juara III UPTD BPSBTPHP.

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Tinggalkan Komentar