Nusa One -

Pelaku UMKM Bersyukur, Omset Meningkat di Kegiatan “Eksibisi Bersama”

Pelaku UMKM Bersyukur, Omset Meningkat di Kegiatan “Eksibisi Bersama”
  
Penulis
|
Editor

NusaOne. Com | Aceh Barat – Omset Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama mengikuti kegiatan Eksebisi UMKM Bersama yang diadakan oleh Yayasan Sama Setara Nusantara (YSSN) di Meulaboh naik hingha dua kali lipat.

Salah seorang pedagang telur gulung, Putri Jelita mengatakan, kegiatan Eksebisi UMKM Bersama ini sangat membantu dan memberikan dampak positif bagi mereka para pedagang kecil yang ada di Aceh Barat.

“Alhamdulillah kita para pedagang ini merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan Eksebisi UMKM Bersama seperti ini,” kata Putri Jelita, Selasa (26/9).

Dikatakan Jelita, diluar kegiatan seperti ini biasanya dia mendapatkan omset maksimal Rp 300 Hingga 400 ribu, namum selama mengikuti kegiatan eksebisi omsetnya meningkat hingga hingga dua kali lipat.

“Biasa kalau sehari – hari saya jualan itu omsetnya maksimal cuma Rp 300 sampai 400 ribu tapi selama ikut kegiatan eksebisi ini omsetnya sampai Rp 1 juta hingga 2 juta perhari, alhamdulillah meningkat,” katanya.

Jelita berharap agar kegiatan serupa dapat kembali dilakukan di Aceh Barat karena menurutnya dengan adanya kegiatan ini dapat membantu serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

“Maunya kegiatan seperti ini ada lagi kedepannya dan kalau bisa itu lebih lama lagi waktunya dari kegiatan yang sekarang,” ujar Jelita.

Hal senada juga dirasakan oleh Anwar, salah seorang pedagan sate di kegiatan tersebut, ia mengaku omset dagangannya selama berdagang di kegiatan eksibisi tersebut maningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan hari biasanya.

“Alhamdulillah omset saya meningkat disini, biasanya kle jualan itu sehari maksimal Rp 800 ribu, tapi disini saya dalam sehari bisa dapat omset sampai Rp 2.400.000, sampai saya harus ambil stok bahan lagi ke rumah,” kata Anwar.

Anwar berharap agar YSNN dapat kembali menggelar kegiatan serupa dalam waktu dekat di Aceh Barat, karena dampak ataupun manfaatnya sangat dirasakan oleh mereka para pedagang.

“Kami para pedagang dan pelaku UMKM mengucapkan terimakasih kepara para panitia dan jyga YSNN yang telah mengadakan kegiatan ini, dan kami juga berharap kegiatan ini terus berlanjut kedepannya,” katanya.

Sementara itu, ketua YSSN Mustafa Ali mengatakan, ada ratusan e
Pelaku UMKM dan puluhan pedagang yang berasal dari seluruh wilayah di Aceh yang ikut berpartisipasa dalam kegiatan eksibisi bersama kali ini.

“Total itu ada sekitar 100 UMKM dan 50 puluh pedagang yang ikut berpartisipasi pada kegiatan eksebisi ini, itu semua produk – produk lokal yang di pamerkan atau dijual mereka,” kata Mustafa Ali.

Dikatakan Mustafa, perputaran uang yang terjadi selama pelaksanaan eksebisi UMKM bersama ini melabihi target awal yang sudah mereka perkirakan hanya sebesar ratusan juta saja.

“Awalnya perkiraan atau target kita itu perpuran uang selama kegiatan dari para pedagang atau UMKM maksimal kita perkirakan sekitar Rp 800 juta maksimal nya selama kegiatan enam hari ini,” kata Mustafa.

Akan tetapi sebut Mustafa, hingga hari ketiga pelaksanaan kegiatan eksebisi perputaran uang di antara para pedagang dan masyarakat diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

“Di hari ketiga ini saja klw kita kalkulasikan perputaran uang para pedagang sudah mencapai Rp 1 miliar, karena rata – rata omset pedagang dan UMKM itu selama berjualan mencapai Rp 1,5 juta hingga 2,5 juta per harinya,” katanya.

Dikatakan Mustafa, perputaran uang selama kegiatan berlangsung sudah melebihi target sehingga pihaknya merasa sangat bersukur dapat membantu para UMKM dan pedagang di wilayah tersebut.

“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pemasukan dan mengembangkan perekonomian masyarakat khususnya melalui UMKM di Aceh Barat maupun Barat Selatan Provinsi Aceh,” tutupnya.

Bagikan:

Tinggalkan Komentar