Nusa One -

SMA Fajar Harapan Kunjungi Dayah Wakaf Barbate

SMA Fajar Harapan Kunjungi Dayah Wakaf Barbate
  

NusaOne.com|Aceh Besar – Siswa-siswa bersama Guru SMA 10 Fajar Harapan mengunjungi Dayah Wakaf Barbate Yayasan Wakaf Barbate Islamic City (YWBIC) di lingkungan Kebun Kurma Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar. Kunjungan ini dalam rangka bakti sosial siswa SMA Fajar Harapan yang dipimpin oleh Kepala SMA 10 Fajar Harapan, di Aula Dayah Wakaf Barbate, (10/9/2022).  

Keluarga Besar SMA 10 Fajar Harapan bersama rombongan diterima Pengurus YWBIC, H Mahdi Muhammad, SE,  Dr  Sofyan A  Gani, MA,  Rahman Zainal, beberapa pengurus lain, serta santri Dayah Wakaf Barbate. “Kami mengapresiasi kedatangan tamu dan terima kasih kepada siswa kelas XII sebanyak 150 orang bersama kepala sekolah, wakil, wali kelas, dan beberapa orang guru.  Mereka dapat melihat langsung kehidupan dan kondisi santri yang belajar di dayah tahfiz ini,” kata Ketua YWBIC, Dr  Sofyan A Gani, MA.  

Sofyan menyampaikan, 19 santri Dayah Wakaf Barbete  berasal dari enam kabupaten/kota dan mereka dari keluarga fakir miskin, bahkan ada yang yatim. Tahun pertama YWBIC hanya mampu menjemput sejumlah yang ada sekarang dan tahun kedua akan bertambah 20 orang lain. 

Sementara Kepala SMAN 10 Fajar Harapan, Dr Anwar, SPd, MEd mengatakan, kunjungan mereka merupakan bagian dari kegiatan ekstrakurikuler dan memlilih Dayah Wakaf Barbate di lokasi kebun kurma sebagai tempat siswa belajar dari kehidupan santri di sini. “Hal ini sebagai bentuk kepedulian sosial yang perlu selalu dipelajari oleh anak didik,” kata Anwar.

Lebih lanjut Anwar menyampaikan, nantinya di Barbate akan menjadi pusat pendidikan, oleh karena dia mengharapkan siswanya dan santri di Dayah Wakaf Barbate membuka jendela hati. “Apa yang kita lakukan hari ini dengan memberi sesuatu kepada santri, dengan sendirinya berarti membangun Aceh secara keseluruhan, karena santri di Barbate  mewakli kab/kota di Aceh,” katanya.

Anwar menawarkan siswanya siap membantu mengajar santri untuk pelajaran bahasa Inggris dan beberapa pelajaran lain yang ada di MTs, saat libur,  atau waktu tertentu.  

Dia juga menyerahkan bantuan kepada Dayah Wakaf Barbate Rp 3 juta, kemudian dari siswa kelas III masing-masing Rp 750 ribu yang diterima langsung oleh Sofyan A  Gani.  “Terima kasih atas bantuan dan sumbangan yang telah diberikan, semoga Allah Swt merahmati kita semua,” kata Sofyan. 

Selanjutnya rombongan bersama Pengurus YWBIC melihat langsung rencana lokasi akan dibangun Dayah Wakaf Barbate yang indah menghadap Pelabuhan Krueng Raya dari atas bukit.

Bagikan:

Warning: Undefined variable $post in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Warning: Attempt to read property "ID" on null in /home/n1608374/public_html/nusaone.com/wp-content/themes/kompasX/functions.php on line 101

Tinggalkan Komentar